Tamasya Ke Surga

 Sahabat ku yang dirahmati  Allah, ketahuilah bahwa surga adalah tempat yang diperuntukan bagi orang-orang yang bertakwa, tempat orang-orang yang dikarunia nikmat oleh  Allah dengan kebaikan,dari kalangan para nabi, siddiqin, syuhada dan orang-orang beriman. Surga adalah tempat yang ditamannya terdapat sungai-sungai yang mengalir dibawahnya. Sungai-sungai itu mengalir di bawah istana-istana, kamar-kamar dan taman-taman.Mengalir dari atasnya yaitu Arasy Allah Yang Maha Pengasih, mata air dan air mancur yang memancar.Rasulullah Shallallahu „alahi wa Sallam bersabda: “Saihan, Jaihan, Eufrat, dan Nil, semuanya dari sungai-sungai surga.” (HR. Muslim 2839).

 surga adalah tempat yang istananya tersusun dari batu bata emas dan perak, tanahnya adalah minyak kesturi yang paling baik, kerikilnya adalah intan dan mutiara,debunya berupa za’faran, dan kemahnya berupa mutiara yang dijalin indah. Rasulullah rmenceritakan tentang mi‟raj beliau Shallallahu „alahi wa Sallam :

      “Saya dimasukkan ke surga, ternyata di dalamnya ada kubah-kubah dari mutiara dan tanahnya dari  misk (kasturi).”(H.R. al-Bukhari).   Ibnu Shayyad pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu „alahi wa Sallam tentang tanah di surga, maka beliau menjawab, “Pasir lembut yang putih, misk yang murni,” (H.R. Muslim: 2928).

       Surga….Demi AllahU,adalah tempat yang dipenuhi cahaya  yang berkilauan,wewangain yang semerbak , sungai yang mengalir, buah-buahan, pepohonan yang hijau, dan isteri-isteri yang jelita.

    Allah Subhanahu wa Ta‟ala berfirman,:

Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka Surga „Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas tahta yang indah.Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.” (Al-Kahfi: 31).

    Allah Subhanahu wa Ta‟ala berfirman :

Buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula).Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa.” (Ar-Ra‟d: 35).

    Allah Subhanahu wa Ta‟ala berfirman :

Mereka bertelekan di atas peraduan-peraduan yang berderetan dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik ber-mata jeli.” (Ath-Thur: 20).

Di dalamnya terdapat hamba-hamba yang hidup penuh dengan kesenangan, yaitu orang-orang yang makan, tetapi tidak beringus dan tidak buang air. Yang ada hanyalah minyak kesturi yang mengalir .di dalamnya terdapat orang-orang hidup bahagia. Mereka tertawa tidak menangis, tinggal menetap dan tidak berpindah kenikmatan yang abadi. Bahkan,semuanya tersenyum . Didalamnya akan diangkat hijab(tabir) sehingga orang-orang yang menang akan melihat wajah AllahU.

                Wahai sahabatku hendaklah ini menjadi cita-cita kita semua untuk bisa berada didalamnya .karna surga…. adalah kenikmatan yang mahal yang didambakan oleh kaum mukminin sepanjang zaman.surga adalah cita-cita yang sangat mulia yang membuat mata terpesona memimpikannya. Yang didamba oleh setiap jiwa yang merindukannya di setiap tempat dan zaman. yang telah dijelaskan pada kita semua di alquran dan sunnah. Allah telah menerangkan sifat surga dengan keterangan yang nyata hinga seakan-akan tetrlihat oleh mata.. Dan begitu pula dalam hadis-hadis yang sahih yang menjelaskan kepada kita gambaran dari surga, yang membuat tentramnya hati orang yang beriman. Itulah sekelumit gambaran surga yang sangat indah nan mempesona, yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak terdengar oleh telinga, tidak teraba oleh indra kita yang lemah ini dan tidak pula pernah terbetik di hati seorang hamba sekalipun. Masih banyak sekali keindahan-keindahan surga yang tidak dapat disampaikan oleh penulis pada kesempatan ini, semoga saja dengan gambaran-gambaran yang telah disampaikan tadi dapat memberikan motifasi kepada kita semua untuk selalu berlomba-lomba mendapatkannya.

Tinggalkan Balasan