Berdosakah Meninggalkan Sholat Jum’at 3 Kali Pada Saat ini ?

Ada yang bilang siapa yang meninggalkan shalat Jum’at 3 kali berturut-turut maka ia kafir, dan tidak bisa jadi wali pernikahan. Sehingga mereka memaksakan diri untuk shalat Jum’at berjama’ah walaupun mereka di daerah zona merah wabah . Apakah ini benar ?

Sebelumnya kita akan sebutkan hadis tentang ancaman yang meninggalkan Jum’at

Dalam beberapa Hadits, Rasulullah ﷺmemberikan peringatakan keras kepada siapa saja yang meninggalkan Shalat Jum’at tiga kali.

Di antaranya adalah:

عن محمد بن عبد الرحمن بن سعد بن زرارة ، قال : سمعت عمي يحدث، عن النبي صلى الله عليه وسلم, قال : مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثًا طُبِعَ عَلَى قَلْبِهِ وَجُعِلَ قَلْبُهُ قَلْبَ مُنَافِقٍ

Dari Muhammad bin Abdillah bin Sa`d bin Zurarah, ia berkata, ”Aku telah mendengar pamanku menyampaikan hadits, dari Nabi ﷺ, bahwa beliau telah bersabda,’Barangsiapa meninggalkan shalat Jumat tiga kali, ditutup atas hatinya dan dijadikan hatinya, hati orang munafiq. (Riwayat Musadad, dishahihkan sanadnya oleh Al Hafidz Al Bushiri dalam Ithaf Al Khiyarah, 2/272).

وعن ابن عباس – رضي الله عنهما – قَالَ: مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثَ جُمَعٍ مُتَوَالِيَاتٍ فَقَدْ نَبَذَ الإِسْلاَمَ وَرَاءَ ظَهْرِهِ

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu `anhuma ia berkata,”Siapa meninggalkan shalat Jum’at tiga Jum`at berurutan, maka ia telah melempar Islam ke belakang punggungnya.” (Riwayat Abu Ya’la, mauquf dengan sanad yang shahih (Ithaf Al Khiyarah,2/274)).

Hadis-hadis yang menyebutkan ancaman itu bersifat mutlaq bagi yang meninggalkan shalat Jum’at tanpa ada udzur dan sakit.

Dan wabah saat sekarang ini adalah termasuk udzur syar’i yang boleh kita meninggalkan shalat Jum’at walaupun 3 kali berturut-turut. Ana bertanya kepada guru ana – Syekh Ali Shalih Al-Makki- Hafizallahu ta’ala :

Berdosakah Meninggalkan shalat Jum’at 3 kali berturut-turut pada saat sekarang ini ?

Beliau menjawab :

” Jika disana (daerah setempat) ada ketetapan dari pemerintah atau fatwa dari Ulama untuk tidak shalat berjamaah maka tidak berdosa insya Allah “

Penyusun : Abu Azzam

Tinggalkan Balasan